Wednesday, March 15, 2017

Layer 2 Sebagai Fondasi Komunikasi LAN

Ada hal yang menarik, dan ini sangat fundamental sekali.

Sebagaimana diketahui PC dan Server memiliki port Ethernet. Dan setiap Ethernet memiliki Layer 2 ID yg disebut MAC Address.

Apabila ditanyakan ke network admin: jika PC saya dg MAC address 1111.2222.3333 melakukan PING ke server di US misal CNN.com yg punya MAC address 1234.5678.90AB, apakah CNN.com tahu berapa MAC address PC saya?

Sebagian admin menjawab: iya! Alasannya, paket Ethernet dari PC saya kan sampai ke Server CNN.com, sedangkan setiap paket Ethernet ada informasi MAC address source nya (MAC address PC saya). Jadi sesampainya paket ini di server, maka server CNN.com akan tahu berapa MAC address PC saya.

Sepintas sptnya jawaban ini benar. Tapi sesungguhnya iji jawaban salah total. Kenapa? Temukan jawabannya di video di bawah ini.




No comments: