Sunday, March 19, 2017

BGP Advanced Part 2

Asumsikan bahwa Anda diangkat jadi Admin sebuah ISP yaitu MyISP.

Pada tahap awal MyISP membeli layanan IP Transit ke satu upstream provider yaitu NAPX. Bagaimana cara setting BGP untuk bisa terhubung ke NAPX? Sangat sederhana sekali. Bisa dilihat di video berikut.

Beberapa bulan setelah aktif, MyISP membeli layanan IP Transit ke provider yang lain yaitu NAPY. Ini agar ada alternatif upstream, dan bisa juga untuk load balancing traffic. Bagaimana cara setting BGP ke arah NAPY? Sangat sederhana sekali juga, bisa dilihat di video berikut.

Namun, bagi yang pertama kali mmelakukan multihoming, harus berhati-hati. Kenapa? Karena by default, router BGP kita akan me-readvertise lagi prefix yang kita terima dari NAPX ke NAPY. Dan sebaliknya, router BGP kita akan me-readvertise lagi prefix yang kita terima dari NAPY ke NAPX. Ini berbahaya. Karena router kita bisa di jadikan Transit juga oleh kedua NAP itu (NAPX dan NAPY).

Sehingga, wajib bagi seorang admin ISP yang Multihoming untuk mem-filter prefix yang dia advertise. Caranya? Sangat sederhana. Lihat dalam video berikut.

Video 8 - BGP Advanced Part 2 : Setting Sederhana ISP Multihoming



No comments: